Kamis, 01 Oktober 2015

Google Scholar (Cendikia)

Rekan saya dari Teknik Telekomunikasi STEI-ITB, Kang Eueung Mulyana, mengabarkan bahwa saat ini setiap penulis (author) makalah/artikel dapat membuat profile sendiri di Google Scholar. FYI, Google Scholar adalah salah satu mesin pengindeks untuk makalah, buku, dan karya-karya kecendekiaan lainnya asalkan dalam bentuk tertulis. Mesin pengindeks yang lain adalah Scopus, Index Copernicus, ProQuest, IEEXplore, dan sebagainya.


Profile di Google Scholar berisi daftar semua tulisan seorang penulis (buku, makalah, artikel, dsb) yang dikutip (citation) oleh penulis lain. Tulisan karya penulis tersebut diacu sebagai referensi yang
disebutkan di dalam daftar pustaka. Daftar semua kutipan tersebut berasal dari search.scholar yg secara otomatis di-crawl oleh Google apabila artikel/makalah terkait bisa ditemukan oleh Google.

Cara membuat profile di Google Scholar adalah sebagai berikut:

1. Anda hanya hanya perlu login dengan akun gmail

2) Buka alamat http://scholar.google.com atau http://scholar.google.co.id/

3) Klik link “My Citation” atau “Kutipan Saya” (jika di http://scholar.google.co.id) di kanan atas atau kanan bawah

4) Ikuti 3 langkah pada halaman tersebut

5) Edit data bila perlu (foto, affiliation dll.), kemudian klik “Make Public” agar bisa dilihat oleh orang lain.

Nah, saya mengikuti algoritma yang diberikan oleh Kang Eueung Mulyana di atas, maka jadilah seperti gambar di bawah ini:


Anda dapat melihat profile saya di Google Scholar pada alamat ini: http://scholar.google.com/citations?hl=en&user=ugYa9lEAAAAJ&oi=sra

Profile scholar punya Kang Eueung Mulyana yang ini: http://scholar.google.com/citations?user=-wXTUQoAAAAJ&hl=en

Wah, betapa kaget saya melihat profile saya sendiri, tidak menyangka sebanyak itu. Ternyata Google Scholar tidak hanya berhasil mengumpulkan semua citation terhadap makalah-makalah saya, tetapi juga semua citation buku dan diktat kuliah yang saya tulis. Buku saya yang sederhana, yaitu Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik tenyata mempunyai citation tertinggi, yakni dikutip oleh 169 makalah (status saat tulisan ini dibuat). Dengan mengklik angka cite maka anda dapat melihat makalah-makalah apa saja yang mengutip suatu tulisan/artikel.

Selain buku dan diktat, makalah-makalah saya di berbagai konferensi dan jurnal ilmiah juga mendapat citation, baik oleh penulis di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan, beberapa makalah penulis tersebut sudah terindeks pula di dalam IEEXplore. Memang tidak semua makalah saya mendapat citation

Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah SWT bahwa apa yang saya tulis memberi nilai tambah bagi orang lain. Jika semua karya kecendekiaan (scholar) kita di-online kan di internet, maka akan banyak manfaat bagi orang lain yang membacanya. Jazakallah.

Dengan menaruh makalah/artikel kita di Internet, maka mesin-mesin pencari akan mengindeks tulisan kita tersebut. Dampaknya, selain terhadap si penulis, secara tidak langsung juga akan meningkatkan penilaian oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia seperti THES, sebab salah satu kriteria pemeringkatan perguruan tinggi adalah jumlah citation index yang dikumpulkan oleh mesin pencari. Hmmmm… saya berpikir alangkah baiknya para akademisi (mahasiswa, dosen, peneliti) di seluruh Indonesia juga membuat scholar profile di Google.

Apakah anda sudah membuat profile di Google Scholar?


sumber : https://rinaldimunir.wordpress.com/2012/04/20/punya-profile-di-google-scholar/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar